Tematik Integratif Mapel PAI Kurikulum 2013

Posted by Unknown Sabtu, 14 September 2013 0 komentar
Kurikulum terbaru 2013 sekarang ini bukan lagi sekedar wacana. Penerapan Kurikulum 2013 akan segera terlaksana, dan tinggal menunggu waktu dalam pelaksanaannya. Perubahan isi kurikulum ini diharapkan dapat menghasilkan kualitas peserta didik yang lebih maju. Harapan ini ditekankan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang lebih menguatkan sisi moral dan akhlak peserta didik. Harapan ini sebagaimana disampaikan oleh salah satu tim penyusun Kurikulum 2013 Nurlena Rifa'i, dalam "Seminar Menyongsong Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) 3013" di Jakarta.

Selama ini peserta didik hanya diajarkan aspek dogmatif dalam pemahaman agama dan praktik ibadah, tanpa ada penguatan moral akhlak serta pendidikan karakter sebagai implementasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)", kata Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ini.
Ia menjelaskan, dalam kurikulum 2013, guru dituntut memiliki metode pembelajaran PAI yang tidak lagi menjenuhkan dan terlalu dogmatis. Guru PAI 2013 dituntut dapat melakukan pengawasan moral dan akhlak yang terintegrasi. Penilaian tidak hanya pada kemapuan kognitif di nilai PAI saja, tapi juga sisi afekif dan psikomotorik peserta didik.
"Berpatokan pada kompetensi inti Kurikulum 20113, guru PAI dituntut menjadi contoh sekaligus menyenangkan bagi peserta didik", ujar Nurlena menerangkan.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementrian Agama Nur Syam mengatakan, perbedaan PAI di Kurikulum 2013 ada pada tematik integratif, yakni, penekanan nilai keagamaan yang tidak hanya terpaku pada khusus mata pelajaran PAI, tapi juga terintegrasi pada seluruh mata pelajaran yang diajarkan.

Dirjen Pendis selanjutnya mengatakan, " Untuk penguatan akhlak PAI di kurikulum 2013, ada pada metodologi dan proses yang disebut habituasi moral dan perilaku yang sangat ketat."
Proses habituasi atau pembudayaan nilai moral dan akhlak ini memposisikan guru sebagai pemantau. Proses diharapkan dapat menguatkan sisi moral dan akhlak peserta didik pada Kurikulum 2013.
Tujuan Kurikulum 2013 ini lebih menekankan pada moral dan akhlak peserta didik didasarkan fakta yang terjadi saat ini.

Nur Syam menyebutkan, beberapa kasus terkait moral dan akhlak seperti kekerasan, pelecehan oleh pendidik kerap kali terjadi. Bahkan, ada kasus pembunuhan yang telah dilakukan oleh peserta didik.
Demikian info mengenai "Perbedaan PAI di Kurikulum 2013 ada pada tematim integratif", semoga ada manfaatnya. (Guru Madrasah)
     
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tematik Integratif Mapel PAI Kurikulum 2013
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://pakzen01.blogspot.com/2013/09/tematik-integratif-mapel-pai-kurikulum.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar :

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of KURIKULUM 2013 .