Ghayah dan Wasilah

Posted by Unknown Sabtu, 14 September 2013 0 komentar
Pengertian Ghayah adalah tujuan yang akan dituju. Sedangkan Wasilah adalah alat untuk mencapai tujuan. Manusia hidup di alam dunia fana ini memiliki suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut manusia dilengkapi alat atau sarana oleh Allah SWT.   Namun, kenyataan yang kita hadapi banyak orang tidak bisa membedakan apakah tujuan ataukah alat yang menjadi fokus.
Coba, kita renungkan sejenak... Tiada tujuan yang lebih utama dan terindah melainkan hanya Allah SWT. sedangkan alat mencapai Allah SWT adalah ibadah. Bisa saja pencapaiannya dengan ibadah Mahdhah (ketetapan yang tidak dapat diubah) dan bisa juga dengan ibadah Mu'amalah (ibadah sesuai kondisi); mu'amalah ma'allaah dan mu'amalah ma'annas.
Manakala tujuan dan alat salah penempatannya, maka rugilah ia tak akan mendapatkan apa-apa. Sebagai contoh; harta benda, kekuasan, seks, adalah alat untuk mencapai tujuan utama (menuju Allah SWT) bahkan surga pun merupakan suatu alat. Orang awam beranggapan alat merupakan tujuan akhirnya dosa yang di dapat. Harta benda, kekuasaan dan seks dijadikan tujuan.Setingkat di atas orang awam (orang berilmu), manakala ia beranggapan surga sebagai tujuan, inipun rusaklah ibadahnya (sia-sia) belaka.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ghayah dan Wasilah
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://pakzen01.blogspot.com/2013/09/ghayah-dan-wasilah.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar :

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of KURIKULUM 2013 .